JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi)
Vol. 10 No. 3 (2024): Juni 2024

Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada PT. Gudang Garam Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2019”

Rusmina, Cut (Unknown)
Rita Nengsih (Unknown)
Maryam (Unknown)
Khairul Akmal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, profitabilitas dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada PT. Gudang Garam yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2019. Populasi penelitian ini adalah PT. Gudang Garam Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 27 entitas anak perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal, profitabilitas dan keputusan investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada PT. Gudang Garam Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebesar 40,3%. Sedangkan secara parsial struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sebesar 12,130%, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sebesar 5,489%, dan keputusan investasi berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sebesar 1,578%. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,635 yang menunjukkan bahwa derajat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 63,5%. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,403 atau 40,3%, artinya kemampuan variabel independen menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 40,3%. Sedangkan sisanya sebesar 59,7 dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) is an electronic independent international scientific and academic journal that aims to publish scholars’ original and high-quality manuscripts and reports in all fields of business. JEMSI adheres to an open access policy to accelerate the ...