E-SOSPOL
Vol 11 No 2 (2024): Social Security in Disruptive Era

Identifikasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri Kadipiro 2 Bantul Yogyakarta

Muhammad Amien, Muhammad Amien (Unknown)
Purnomo, Heru (Unknown)
Nurizka, Rian (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk perilaku bullying pada siswa kelas III Sd N Kadipiro 2 kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kriteria subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang pernah menjadi pelaku bullying yang berjumlah 3 siswa dan guru kelas III Sd N Kadipiro 2 yang berjumlah 1 orang. Teknik analisis yang digunakan ialah pemaparan data hasil penelitian, dan pengambilan kesimpulan analisis data. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di Sd N Kadipiro 2 yaitu berupa bullying verbal dan relasional. Pada hasil penelitian ini bentuk bullying verbal yang didapati berupa 1) memanggil temanya dengan julukan yang jelek, 2)mengejek, 3)menghina, 4)memfitnah, 5) menuduh, 6) mengancam, dan 7) menyoraki serta menyebarkan berita buruk tentang korban. dan bentuk bullying relasional yang didapati berupa 1) pengecualian, 2) pengucilan, 3) pengabaian dan, 4) penghindaran/menjauhi. Kata Kunci: Bullying, perudungan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

E-SOS

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

ELECTRONICAL JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES (E-SOSPOL) is a fully open access peer-reviewed scholarly journal that addresses legal issues and questions arising in Indonesia and the Global World Wide. This journal aspires to provide a public policy, administrative, sociology, taxation, ...