E-SOSPOL
Vol 11 No 2 (2024): Social Security in Disruptive Era

Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) Pembangunan Jalan Kecamatan Ambulu - Tempurejo Kabupaten Jember

Haliza, Siti Nur (Unknown)
Rohman, Hermanto (Unknown)
Pamungkas, Tree Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Layanan infrastruktur merupakan bagian dari penyelenggaraan pelayanan publik dasar untuk meningkatkan derajat kemudahan aksesibilitas dan kesejahteraan setiap masyarakat Indonesia. Jalan raya sebagai salah satu infrastruktur publik menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah untuk dibangun dan dikelola guna kepentingan publik. Survei kepuasan masyarakat diperlukan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyedia layanan. Hasil survei kemudian digunakan untuk menghitung Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) dan Importance Performance Analysis (IPA). IKLI bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan infrastruktur berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Sementara IPA bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan unsur layanan infrastruktur dan menentukan prioritas perbaikan kinerja penyedia layanan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif dan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan nilai IKLI sebesar 3,23 yang menunjukkan kualitas layanan infrastruktur berada pada kategori Baik. Hasil analisis diagram kartesius IPA membagi 1 unsur dalam kuadran I, 7 unsur dalam kuadran II, 6 unsur dalam kuadran III, dan 5 unsur dalam kuadran IV.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

E-SOS

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

ELECTRONICAL JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES (E-SOSPOL) is a fully open access peer-reviewed scholarly journal that addresses legal issues and questions arising in Indonesia and the Global World Wide. This journal aspires to provide a public policy, administrative, sociology, taxation, ...