Sigmagri
Vol 4 No 1 (2024): Juni

Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Olahan Pisang Di Pondok Pesantren An-Nashriyah Bahrul Ulum Jombang

Winarko, Anjar (Unknown)
Sukma, Septi Ambar Indraningtia (Unknown)
Chusnah, Miftachul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Pisang merupakan salah satu jenis komoditi holtikultura dalam kelompok buah-buahan yang memiliki nilai sosial dan ekonomi cukup tinggi bagi masyarakat Indonesia. Produk olahan pisang menjadi salah satu produk makanan dan minuman yang popular di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Selain karena rasanya yang enak, harga produk olahan pisang juga terjangkau di kalangan pesantren. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis sikap konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian olahan pisang dan mendeskripsikan perbedaan sikap konsumen terhadap atribut berbagai produk olahan pisang. Penelitian menggunakan pendekatan diskriptif kuantitatif, yaitu dengan pendekatan multi-atribut model dan norma subyektif model. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang pernah membeli produk olahan pisang di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren An Nashriyah Bahrul Ulum yang mengonsumsi produk olahan pisang. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan bantuan Software IBM SPSS Statistics Versi 20. Sikap konsumen dianalisis menggunakan analisis Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap produk olahan pisang umumnya positif. Mayoritas responden menunjukkan sikap setuju atau sangat setuju terhadap atribut-atribut produk, yaitu rasa, aroma, tekstur, harga, dan warna. Sikap konsumen yang positif ini menunjukkan bahwa mereka puas dengan kualitas produk olahan pisang yang mereka konsumsi dan cenderung menyukai produk tersebut. Sikap konsumen terhadap berbagai atribut produk olahan pisang menunjukkan variasi yang menarik. Semua atribut rasa, aroma, tekstur, harga, dan warna mendapatkan penilaian positif dari mayoritas responden.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigmagri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Agribusiness Management 2. Agriculture Economics, 3. Social Science 4. Rural Development 5. Rural Sociology 6. Risk Management 7. Agriculture Extension 8. Financial Management 9. Marketing ...