Sigmagri
Vol 4 No 1 (2024): Juni

Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak Menggunakan Metode SWOT Pada UD. Evan Jaya Desa Bumirejo Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.

Harsono, Zahrial Choir Ade (Unknown)
Sukma, Septi Ambar Indraningtia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Produk pangan berbahan baku kulit yang paling populer adalah kerupuk rambak yang merupakan produk makanan ringan yang dibuat dari kulit sapi melalui tahapan proses pembuangan bulu, pengembangan kulit, perebusan, dan pengemasan kerupuk kulit mentah atau dilanjutkan dengan penggorengan untuk kerupuk kulit yang siap dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal apa saja yang dapat menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada UD. Evan Jaya Desa Bumirejo Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yang diperoleh dari matriks IFAS/EFAS, kuadran SWOT dan matriks SWOT. Responden penelitian ini adalah pemilik perusahaan kerupuk rambak UD. Evan Jaya dan 6 orang yang bekerja pada perusahaaan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian analisis matrik IFAS total skor yaitu 2,70, sedangkan hasil analisis matrik EFAS mendapatkan total skor yaitu 2,87. Setelah diketahui hasil matrik IFAS/EFAS kemudian menentukan kuadran SWOT. Hasil kuadran menunjukkan bahwa UD. Evan Jaya berada pada kuadran I (strategi agresif) yang menunjukkan situasi menguntungkan bagi perusahaan tersebut karena memiliki peluang dan kekuatan yang signifikan sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang ada. Dengan adanya penelitian ini diharapkan UD. Evan Jaya dapat memperluas pangsa pasar, menjaga kualitas kerupuk rambak, dan menambah varian kemasan bagi konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigmagri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Agribusiness Management 2. Agriculture Economics, 3. Social Science 4. Rural Development 5. Rural Sociology 6. Risk Management 7. Agriculture Extension 8. Financial Management 9. Marketing ...