Penelitian yang dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muna Barat dengan rumusan masalah bagaimana penerapan nilai impersonal dalam pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna Barat, bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji penerapan prinsip-prinsip etika dalam pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna Barat. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data wawancara dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh prinsip-prinsip etika yang terdiri dari jujur, integritas, memegang janji, setia, adil, perhatian, hormat, kewarganegaraan kaum profesional, keunggulan, akuntabilitas dan menjaga kepercayaan publik merupakan nilai yang dicerminkan dalam pelaksanaan pelayanan administrasi publik oleh para aparatur yang ada pada kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muna Barat dengan berperilaku baik sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dengan lancar sampai selesai. Prinsip-prinsip etika menunjukkan sikap perilaku pegawai aparatur dalam bekerja dan melalui nilai ini seorang aparatur dapat mengetahui kualitas sumber daya diri sendiri dari penilaian atasan dan rekan sekerja dalam pelayanan publik kepada masyarakat yang dilakukan secara efektif, sederhana, jelas dan pasti, terbuka, repsonsif dan adatif.
Copyrights © 2024