Jurnal Neraca Peradaban
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Neraca Peradaban

Pengaruh Pengetahuan Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor: (Studi Kasus Pada Kantor Samsat Kabupaten Tana Toraja)

Mantirri, Enos (Unknown)
Pagiu, Chrismesi (Unknown)
Rambulangi, Abedneigo Carter (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap kepatuhan, kesadaran terhadap kepatuhan dan sanksi terhadap kepatuhan, untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, kesadaran dan sanksi secara simultan terhadap kepatuhan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya menjelaskan hubungan antar variabel bebas (independent) dengan variabel terikat (dependent variabel), melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas terdiri dari pengetahuan (X1), kesadaran (X2) dan sanksi (X3), sedangkan variabel terikatnya adalah kepatuhan (Y). Penelitian ini dilakukan kepada 72 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan (X1) berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan (Y), kesadaran (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan (Y) dan sanksi (X3) berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan (Y) serta sisanya diterangkan oleh variabel lain. Hasil penelitian regresi berganda menunjukkan bahwa pengetahuan (X1), kesadaran (X2) dan sanksi (X3) terdapat pengaruh secara simultan sebesar 66,4% terhadap kepatuhan wajib pajak (Y), sedangkan sisanya sebesar 33,6 diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Neraca Peradaban adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Akuntansi STIE Hidayatullah Depok. Cakupan dan Fokus, meliputi bidang ...