Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 22, No 1 (2013)

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PERSPEKTIF SOSIAL-BUDAYA TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI MULTIKULTURAL

Supriyono, Supriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertolak dari kerisauan penulis terhadap fenomena kurangnya sikap menghargai terhadap perbedaan suku dan budaya dalam pergaulan, yang dikhawatirkan akan meluas di kalangan siswa SMA. Sementara itu, realitas masih kurang bermaknanya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan karena siswa belum dapat menghubungkan apa yang telah mereka pelajari dengan realitas kehidupan sehari-hari. Beberapa faktor penyebab tersebut yang diangkat dalam penelitian ini di antaranya baik menyangkut substansi, pendekatan, maupun strategi pembelajaran yang kurang menunjang. Hal-hal tersebut mencakup: materi, kegiatan belajar mengajar, dan evaluasi  pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang belum optimal. Bertolak dari pernyataan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam perspektif sosial-budaya terhadap penegembangan nilai multikultural. Penelitian ini didasarkan pada pendapat Lickona (1992: 6) yang mengatakan bahwa konsep dan proses Pendidikan Kewarganegaraan merupakan proses yang disengaja, dirancang, dan dilakukan untuk mengembangkan potensi individu dalam interaksi dengan lingkungan sehingga menjadi dewasa. Keanekaragaman budaya itu sebagai sesuatu kebaikan yang positif untuk dihargai, diterima, dan dipelihara dalam komunitasnya (Blum, 2001: 20). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control-group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alasan pertimbangannya adalah dalam penelitian multikultural, yang diperlukan informasi bagi peneliti adalah karakteristik kemajemukan etnis dan budaya di sekolah itu. Pengumpulan data dilakukan dengan: pretest and posttest, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi, kegiatan belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berpengaruh signifikan terhadap pengembangan nilai multikultural. Pengaruh materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap pengembangan nilai multikultural ditinjau dari siswa laki-laki r = 0,61; perempuan r = 0,77 dan pendidikan orang tua siswa perguruan tinggi r = 0,925. Pengaruh kegiatan belajar mengajar Pendidikan Kewarganegaraan terhadap pengembangan nilai multikultural ditinjau dari siswa laki-laki r = 0,63; perempuan r = 0,80 dan pendidikan orang tua siswa perguruan tinggi r = 0,988. Pengaruh evaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap pengembangan nilai multikultural ditinjau dari siswa laki-laki r = 0,50; perempuan r = 0,75 dan pendidikan orang tua siswa perguruan tinggi r = 0,991. Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Sosial-Budaya, Multikultural

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (English: Journal of Social Sciences Education)) publishes high-quality manuscripts on research in the fields of social science education and social sciences. As for those included in the social science family is Geography, History, Sociology, Economics and ...