Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Upaya Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Life Kill Santri

Raflesia, Indriani Puspa (Unknown)
Khoiri, Qolbi (Unknown)
Efendi, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pendidikan pondok pesantren Al-Ihsan dalam meningkatkan life skill santri. Metode penelitian kualitatif observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan life skill santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan telah menerapkan model pendidikan kecakapan hidup (life skill) melalui program-program yang disediakan di pondok pesantren. Pendidikan life skill yang diterapkan yaitu personal skill: shalat 5 waktu berjamaah, social skill: Organisasi Santri Al-Ihsan Sungai Rumbai (OSAR), academic skill: Pendidikan adab, muhadharah dan penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, vocational skill: ekstrakulikuler pramuka, hadroh, seni baca Al-Quran dan terdapat juga faktor penghambat dari faktor guru, faktor santri, faktor orang tua serta faktor sarana dan prasarana. Simpulan penelitian ini dalam meningkatkan life skill santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari terlaksananya kegiatan life skill di Pondok Pesantren Al-Ihsan dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh santri. Kata Kunci: Kecakapan Hidup. Pondok Pesantren, Sistem Pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...