Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Pelaksanaan Program Life Skill di SMA

Rahmawati, Hanik (Unknown)
Annur, Saipul (Unknown)
Kanada, Rabial (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program life skill dan faktor-faktor pendukung dan penghambat program life skill di SMA Plus PGRI 2 Kayen. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian validitas bahan penelitian ini dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program life skill di SMA Plus PGRI 2 Kayen berjalan dengan baik, mulai dari pelaksanaannya, sarana-prasarana yang dibutuhkan cukup untuk menunjang berjalannya kegiatan, serta semua pihak yang terkait untuk mensukseskan berjalannya program life Skill di SMA Plus PGRI 2 Kayen. Adapun faktor pendukung yaitu sarana prasarana yang cukup dan pembimbing dari tenaga ahli. Adapun faktor penghambat ialah ada beberapa sarana prasarana yang peralatannya belum cukup dan kesadaran siswa untuk tertib dalam pembelajaran life skill masih rendah. Simpulan penelitian ini dengan adanya program life skill akan meningkatkan perkembangan potensi diri anak dalam hal positif dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Life Skill, Pelaksanaan, Program.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...