Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Multimedi Interaktif Siswa Kelas V SD

Hadi, Novian (Unknown)
Aswarliansyah, Aswarliansyah (Unknown)
Yuneti, Armi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa multimedia interaktif siswa kelas V SD Negeri 32 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan Multimedia Interaktif yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan model Four-D. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 6 orang siswa. Instrumen untuk mengukur kualitas multimedia interaktif yaitu: lembar validasi, angket kepraktisan dan tes. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,80. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 6 orang diperoleh bahwa Multimedia Interaktif memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 98%,dan mempunyai efek potensial 96,42%. Simpulan penelitian ini bahwa multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dan praktis dan bisa digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Multimedia Interaktif, Pengembangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...