Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 7 No 1 (2024): Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Penerapan Model Probing Prompting terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

Oktaviani, Sri Vera (Unknown)
Hamdan, Hamdan (Unknown)
Aswarliansyah, Aswarliansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan jenis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z dan pembahasan dapat diperoleh nilai rata-rata tes akhir 81,99 dan persentase siswa yang tuntas pada pembelajaran sebanyak 27 siswa (81,81%). Serta berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Zhitung = 8,10 dan Ztabel = 1,65. Simpulan penelitian dapat dilihat bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N setelah penerapan model pembelajaran probing prompting signifikan tuntas. Kata Kunci: Penerapan, Probing Prompting, IPS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...