Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 3 (2024): April

PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL TEHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMA NEGERI 21 MEDAN

Siti Khairani (Unknown)
Ika Sandra Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen atau percobaan dengan memberikan perlakuan layanan konseling kelompok teknik self control kepada sekelompok orang yang di jadikan sampel penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control terhadap kecanduan game online pada siswa  SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control terhadap kecanduan game online pada siswa SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 21 Medan sebanyak 140 siswa, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 siswa dengan menggunakan teknik self control. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada responden untuk memberikan pemahaman tentang pencegahan dampak kecanduan game online siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik uji analisis data mengunakan uji Paired Sampel T-Test, dari hasil perhitungan data diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu 121.20 sedangkan nilai rata-rata post test 87.00 . Hasil uji Hipotesis ujit menunjukan bahwa dengan taraf signifikasi 5% maka (14.152) > (0,666) ini berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control terhadap kecanduan game online pada siswa SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...