Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 4 (2024): Juli

ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK SD : MAKNA DAN PENYEBUTAN BILANGAN CACAH DARI BUNYI HURUF VOKAL DAN HURUF KONSONAN

Lintang Nur Azizah (Unknown)
Gita Apriliana (Unknown)
Alvin Dewana Andaru (Unknown)
Redemtus Pulo Kelen (Unknown)
Mahilda Dea Komalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Mempelajari suatu hal tidak hanya terbatas pada waktu tertentu, namun dapat dilakukan melalui berbagai cara dengan memaksimalkan indra yang dimiliki oleh manusia. Sesuai dengan tahap perkembangannya, anak SD itu masih melihat sesuatu sebagai suatu keutuhan. Tema tertentu akan menjadi sesuatu yang sifatnya pokok dan sangat penting dalam menstimulasi cara berpikir anak seusia SD. Hadirnya pembelajaran tematik menuntut para guru untuk melakukan metode pembelajaran yang tepat. Perlu langkah cerdas dalam pengoptimalan model pembelajaran yang diberikan. Hal ini karena dalam perancangan dan pelaksanaan evaluasi, lebih mengedepankan pada evaluasi berbasis proses. Guru wajib mendorong dan mendukung pertumbuhan intelektual siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pembelajaran tematik di sekolah dasar dan mengetahui mengenai bilangan cacah, bunyi huruf konsonan dan huruf vokal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengenal bilangan cacah tentunya siswa harus mempelajari gabungan dari kedua jenis huruf vokal dan huruf konsonan agar bisa membacanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...