Movere Journal
Vol 6 No 1 (2024)

Analisis Perbandingan Z-Score, Springate, Grover dan Zmijewski sebagai alat untuk memprediksi Financial Distress Pada Perusahaan Sektor Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

jamal, Aswirah (Unknown)
Mas'ud, Masdar (Unknown)
Budiandriani, Budiandriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi financial distress dalam sektor Asuransi di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2022 dengan menggunakan model analisis Altman Z-Score, Springate, Grover dan Zmijewski. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari 9 perusahaan asuransi yang dipilih melalui metode purposive sampling. Analisis data melibatkan empat model prediksi financial distress serta uji Kruskall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan dalam sampel studi berada dalam kondisi non distress selama periode tersebut. Meskipun demikian, beberapa perusahaan mengalami fluktuasi dalam kategori potensi kebangkrutan dari tahun ke tahun, mengindikasikan tantangan keuangan yang berkelanjutan. Uji Kruskall-Wallis mengungkapkan perbedaan signifikan dalam penilaian potensi kebangkrutan antara model-model tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa setiap model prediksi memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing dalam mengidentifikasi financial distress. Rekomendasi penelitian meliputi penggunaan model prediksi financial distress sebagai alat bantu bagi pengguna laporan keuangan, baik internal maupun eksternal. Selain itu, penelitian mendukung penggunaan model prediksi yang berbeda dan perluasan periode penelitian untuk memahami lebih baik kondisi keuangan perusahaan di sektor Asuransi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MV

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Movere Journal merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tri Dharma Nusantara Makassar, terbit perdana sejak tahun 2019 Movere Journal memuat artikel berupa hasil-hasil penelitian (original research article) dan Jurnal Movere merupakan jurnal yang diterbitkan dua ...