Qismul Arab: Journal of Arabic Education
Vol. 2 No. 01 (2022): Qismul Arab: Journal of Arabic Education

Strategi Pengembangan Desain Model Social Learning untuk Peningkatan Kualitas Penguasaan Bahasa Arab : (Studi Kasus Di Stais Syaichona Moh. Cholil Bangkalan)

Mutmainah, Mutmainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Agma Islam Syaichona Cholil Bangkalan berupaya untuk meningkatkan kualitas penguasaan bahasa arab yang dimiliki oleh mahasiswa. Namun demikian, tidak semua mahasiswa STAIS bersedia dan semangat untuk meningkatkan penguasaan bahasa Arab. Sehingga membutuhkan strategi agar mahasiswa memiliki kesadaran untuk memiliki kemauan membuka diri untuk meningkatkan penguasaan bahasa Arab, sebagai mahasiswa prodi Bahasa Arab yang memang semestinya memiliki kualifikasi Bahasa Arab yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kinerja dan kebutuhan guna mengetahui masalah yang dihadapi Prodi Pendidikan Bahasa Arab di STAIS dalam meningkatkan kualitas penguasaan bahasa arab dan menentukan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa agar dapat meningkatkan kualitas penguasaan bahasa arab yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian ini merupakan jenis kajian pengembangan model ADDIE tahap analysis, ada dua: pertama adalah analisis kinerja (performance analysis), dan kedua adalah analisis kebutuhan (need analysis). Pendekatan kualitatif dengan jenis kajian studi kasus. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dan dokumentasi. Data penelitian ini diolah dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif, dan uji keabsahhannya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil analisis kinerja menunjukkan bahwa terdapat beberapa problem dalam peningkatan penguasaan kualitas bahasa Arab, antara lain: motivasi yang kurang, belum terbuka terhadap informasi atau teknologi baru, dan kuranya strategi yang inovatif. Sedangkan dari analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan tiga aspek, meliputi: 1) aspek motif, motif dalam mempelajari dan meningkatkan motivasi dalam meningkatkan pengusaan bahasa Arab. 2) aspek kompetensi/kemampuan, ada empat yaitu: pertama adalah maharah al istima’ (ketrampilan mendengar), kedua adalah maharah al kalam (ketrampilan berbicara), keterampilan membaca) merupakan keterampilan membaca. Dan keempat adalah maharah al kitabah (ketrampilan menulis). 2) Aspek strategi, dalam meningkatkan penguasaan kualitas pengguanasaan bahasa Arab penting menggunakan stertegi yang efektif, salah satunya adalah model social learning, sebagai upaya pada peningkatan kualitas penguasaan bahasa arab mahasiswa melalui program-program.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qismul_arab

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Qismul Arab: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab diterbitkan dua kali setahun sejak 2021 (November dan Mei), adalah jurnal multibahasa (Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris), peer-review, dan berspesialisasi dalam Studi Bahasa Arab. Jurnal ini diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Syaichona ...