National Conference for Ummah
Vol. 2 No. 2 (2023): Prosiding National Conference for Ummah (NCU)

Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Puzzle Gotong Royong

Hidayatul Nurfadlilah (Unknown)
Mariati, Pance (Unknown)
Sari Dewi, Binti (Unknown)
Sukrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Pembelajaran yang semata-mata berpusat pada guru berpengaruh terhadap menurunnya hasilbelajar kognitif siswa. Penggunaan media serta model pembelajaran yang sesuai mampu mengoptimalkanhasil belajar kognitif. Media puzzle dan model pembelajaran Project Based Learning menjadi solusimemaksimalkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar kognitif pada siswa kelas I SDN Babatan I/456 Surabaya melalui penggunaan media puzzle.Penelitian Tindak Kelas (PTK) diterapkan sebagai metode untuk penelitian ini. Hasil yang diperolehmembuktikan peningkatan yang substansial. Pada pra siklus ketuntasan klasikal mencapai 44%, kemudiannaik menjadi 68% pada siklus I serta 84% pada siklus II. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwamedia puzzle dan model Project Based Learning dapat membuat hasil belajar kognitif peserta didikmenjadi meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NCU2020

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Economics, Econometrics & Finance Education Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Konferensi ini juga menyediakan platform untuk peserta untuk mempresentasikan dan mendiskusikan hasil penelitian yang berisi tentang inovasi, isu terbaru dalam bidang tersebut. Tujuan utama dari konferensi ini adalah untuk mewadahi mahasiswa yang terdampak COVID-19 untuk melakukan publikasi sebagai ...