Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan
Vol 2, No 2 (2014)

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SMP NEGERI 2 KUALA PEMBUANG

Hariyanto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa proses pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Kuala Pembuang masih menggunakan metode konvensional. Kondisi pembelajaran seperti ini tidak akan menumbuhkembangkan aspek kemampuan dan aktivitas siswa seperti yang diharapkan dan akibatnya nilai-nilai yang didapat tidak seperti yang diharapkan pula. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata hasil  pretest sebesar 63,55 dengan ketuntasan belajar klasikal  sebesar 57,92%  dari jumlah siswa 69 terdiri dari 35 putra dan 34 putri. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas yang mengugunakan  metode Problem Posing  di kelas VIII  SMP Negeri 2 Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan.            Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan dengan jumlah siswa 69. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan II dilaksanakan di dalam ruang kelas dengan masing-masing tiga materi yang berbeda-beda. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) peningkatan persentase aktivitas siswa pada kelas yang menggunkan metode problem posing, (2) peningkatan persentase siswa yang  memperoleh nilai ≥ 63 atau peningkatan persentase jumlah ketuntasan siswa pada kelas yang menggunakan metode problem posing            Berdasarkan hasil pengamatan siklus I dan II diperoleh data kenaikan persentase aktivitas siswa pada kelas yang menggunkana metode problem posing dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional (metode yang biasa digunakan guru dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan). Pada siklus I Jumlah persentase aktivitas siswa dari rata-rata 46,33 % naik menjadi 69,67. Pada Siklus II dari rata-rata 52,33 % naik menjadi 80,67 %. Berdasarkan hasil Post Test pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 37,47 % naik menjadi 90,07 % pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga naik dari 49,54 % menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan.

Copyrights © 2014