UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024

Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar

Puspitasari, Andi Ririn (Unknown)
Daud, Firdaus (Unknown)
Palennari, Muhiddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex-post facto yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota makassar yang terdiri dari 4 sekolah. Sampel dari penelitian ini diambil dari populasi siswa dengan menggunakan simple random sampling sebanyak 160 orang dari jumlah populasi yang akan diteliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional, motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.0 for Windows. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...