UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 No 1 September 2023

Hubungan Motivasi dan Kedisiplinan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan di Kabupaten Wajo

Zamzam, Sitti (Unknown)
Daud, Firdaus (Unknown)
Bahri, Arsad (Unknown)
Ferawati, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kedisiplinan belajar  dengn kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas Xl SMAN Negeri di Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel secara  proportional random sampling, sehingga diperoleh sampel 333 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu motivasi dan kedisiplinan belajar, variabel terikat yaitu kemandirian belajar biologi peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket untuk mengukur motivasi, kedisiplinan dan kemandirian belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan kemandirian belajar biologi peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan  dengan kemandirian belajar biologi  peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kabupaten Wajo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...