UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 2 (2024): Vol 7 No 2 Maret 2024

Pengaruh Sikap Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA

Martiani, Andi (Unknown)
Daud, Firdaus (Unknown)
Palennari, Muhiddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap motivasi belajar, pengaruh langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar, serta menganalisis pengaruh tidak langsung sikap belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Sampel penelitian diambil sebanyak 114 siswa dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan soal evaluasi untuk memperoleh skor sikap belajar, kemandirian belajar dan motivasi belajar. Sedangkan soal evaluasi digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar IPA. Data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan pengujian hipotesis hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, sikap belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar, kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, serta sikap belajar dan kemandirian belajar berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Hal ini disebabkan karena, sikap belajar dan kemandirian belajar mempengaruhi motivasi belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...