Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 7, No 2 (2023)

Peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana melalui Problem Based Learning berbantuan media gambar seri

Sulistyowati, Eni (Unknown)
Cahyono, Bambang Eko Hari (Unknown)
Soleh, Dwi Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang penerapan model Problem Based Learning dengan berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas IV SDN Tambakromo 1 Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dokumen penelitian ini adalah Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan daftar nilai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes menulis karangan seederhana, dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dan lembar penilaian kemampuan menulis karangan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis karangan sederhana dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN Tambakromo 1 Padas Ngawi mengalami peningkatan, baik proses pembelajaran maupun hasil menulis karangan sederhana. Peningkatan proses pembelajaran dilihat dari meningkatnya nilai sikap siswa pada pembelajaran setiap siklus. Nilai rata-rata siswa sebelum penelitian adalah 69. Pada Siklus I nilai rata-rata siswa naik sebesar 7% menjadi 74. Pada Siklus II nilai rata-rata siswa naik 9% menjadi 82. Dari 14 siswa Kelas IV SDN Tambakromo 1 Padas Ngawi sebanyak 12 siswa atau 86% siswa mendapat nilai menulis karangan sederhana di atas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2023