Jurnal Agroteknologi Agribisnis dan Akuakultur
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Agroteknologi Agribisnis dan Akuakultur Edisi Juli 2024

Pengaruh Limbah Cair Kelapa Sawit dan Grand-K Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kubis (Brassica oleracea var. capitata L.)

Panji, Oga Nimantara (Unknown)
Ernita, Ernita (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi maupun pengaruh utama limbah cair kelapa sawit dan grand-K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor pertama limbah cair kelapa sawit (L) terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 0, 150, 300 dan 450 ml per tanaman. Faktor kedua Grand-K (K) terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 0; 1,25; 2,50; dan 3,75 g per tanaman. Parameter yang diamati umur pembentukan krop, umur panen, berat segar tanaman, berat segar krop dan lilit krop. Data pengamatan dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan uji BNJ pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi limbah cair kelapa sawit dan pupuk grand-K berpengaruh nyata terhadap parameter umur pembentukan krop, umur panen, berat segar tanaman, berat segar krop dan lilit krop. Perlakuan terbaik kombinasi dosis limbah cair kelapa sawit 450 ml/pertanaman dan pupuk Grand-K 3,75 g/tanaman. Pengaruh utama limbah cair kelapa sawit nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik limbah cair kelapa sawit dengan dosis 450 ml/tanaman Pengaruh utama pupuk grand-K nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik grand-K dengan dosis 3,75 g/tanaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jar

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Agroteknologi, Agribisnis, dan Akuakultur merupakan jurnal open access yang dikelola oleh Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau Pekanbaru. Penerbitan jurnal dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal memuat artikel ilmiah dari penelitian tentang ...