ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 1 No. 4 (2024): ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH VARIETY SEEKING DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP SWITCHING INTENTION DENGAN INFORMATION SECURITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Sarahya, Ahya (Unknown)
Dethan, Stevany Hanalyna (Unknown)
Jati, L. Jatmiko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

TikTok telah mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir, mengalahkan angka pertumbuhan platform media sosial lainnya seperti Instagram.  Namun, dibalik kesuksesannya, TikTok juga menghadapi kontroversi terkait keamanan data pengguna. Beberapa laporan menunjukkan bahwa platform ini mengalami kebocoran data oleh hacker dan dikritik karena mengumpulkan terlalu banyak informasi pengguna. Alat analisis data menggunakan SEM PLS 4.0. Variety Seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap Switching Intention. Customer Experience berpengaruh negatif terhadap Switching Intetion. Information Security mampu memberikan pengaruh yang negatif (memperlemah) hubungan Variety Seeking dan Customer Experience terhadap Switching Intention. Hasil penelitian ini memberikan implikasi secara praktis kepada pihak Tiktok dan Instagram dengan memberikan gambaran agar dapat memberikan layanan dan fitur yang lebih baik agar tercipta pengalaman konsumen yang baik sehingga pengguna platform tidak melakukan pencarian variasi yang lain dan meminimalisir terjadinya switching intention (niat untuk beralih).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economist

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis bertujuan untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi di bidang ekonomi dan studi bisnis. Jurnal ini berfungsi sebagai platform bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk bertukar ide dan temuan yang berkontribusi pada kemajuan pengetahuan dalam ...