Alzam : Journal Of Islamic Early Childhood Education
Vol 4 No 1 (2024): Alzam: Journal Of Islamic Early Childhood Education

Interalisasi Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Radikalisme pada Anak Usia Dini

Dina Hafni (Unknown)
Dwi Aminatus Sa’adah (Unknown)
Aminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Indonesia merupakan bangsa majemuk, bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa. Kemajemukan ini tentu saja mengakibatkan banyaknya perbedaan seperti budaya, adat Istiadat, ras, suku, kebiasaan. Perbedaan tentu saja menyebabkan perpecahan yang memberikan dampak pada perkembangan karater anak usia dini. Salah satu dampaknya muncul bibit radikalisme yang dialami pada anak anak khususnya seperti rasis dan bullying terhadap teman atau kelompok yang dianggap berbeda oleh mereka. Oleh karena itu mengingat pentingnya pemahaman mengenai keberagaman budaya di Indonesia,maka pendidikan multikultural perlu diinternalisasikan dijiwa masyarakat. Salah satu yang dapat dilakukan adalah memberikan pendidikan multikultural sejak awal kepada anak usia dini. Pendidik PAUD dituntut mengembangkan kemampuannya dalam mendesain lingkungan dan program pembelajaran yang bersifat multikultur, di samping juga menjadi teladan bagi anak, dengan menunjukkan perilaku menghargai keragaman setiap anak. Untuk mengembangkan hal tersebut, disarankan pendidik bekerjasama dengan pendidik PAUD lainnya, orangtua, serta masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan yang ada, sehingga kebutuhan anak terkait dengan keragamanan budaya dapat terpenuhi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis deskriptif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alzam

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Alzam:Journal of Islamic Early Childhood Education, ISSN: 2808-3776, diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education merupakan jurnal artikel ilmiah yang dirilis pada tahun ...