Balanting : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Balanting
Vol 3 No 1 (2024): Balanting (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)

BAKTI SOSIAL DONOR DARAH TARUNA-TARUNI AKADEMI MARITIM NUSANTARA BANJARMASIN SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN KESEHATAN TERHADAP DIRI SENDIRI DAN MASYARAKAT.

Wardhana, Andri Ali (Unknown)
Akhmad Syahbudin (Unknown)
Irnita Rosaria Santi (Unknown)
Kamsariaty (Unknown)
Firdaus Suwestian, (Unknown)
Hadiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita, untuk mewujudkan rasa cinta kasih , rasa saling menolong,rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.Tujuan dari diadakan kegiatan bakti sosial masyarakat adalah untuk meningkatkan kepedulian dan rasa social terhadap kodisi masyarakat pedesaan yang makin hari makin memprihatinkan, baik dari segi kebutuhan ekonomi maupun dari segi lapangan pekerjaan, terciptanya masyarakat yang peduli terhadap sesama, memberi motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan. Metode pelaksanaan di Aula Lanal Banjarmasin, pada agenda rutin dalam mengumpulkan pendonor darah yang suka rela dalam memberikan darah yang untuk diperlukan di beberapa rumah sakit sebagai stok agar lebih sigap dalam memberikan pelayanan bagi kepentingan bersama, hal ini tentu memudahkan dalam membantu orang lain yang segera membutuhkan darah sesuai yang duperlukan. Seperti pada kegiatan yang telah dilasakanakan Taruna-taruni Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, setelah melaloui proses tahapan dalam syarat pendonoran darah Taruna-taruni siap melaksanakan donor darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian, kegiatan tersebut sebagai penganbdian kepada masyarakat atau pun kepedulian kepada kesehatan dan keselamatan pada diri sendiri dan orang lain yang membutuhkan. Pada hasil kegiatan donor darah yang langsung disumbangkan oleh taruna-taruni di Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin tersebut, tentu membuahkan hasil bagi pihak rumah sakit yang memnbutuhkan sebagai stok cadangan darah bagi pihak yang terdesak, kegiatan sosial tersebut menjadi rutinitas kegiatan yang diselenggarakan dari Lanal Banjarmasin baik untuk umum maupun yang rela mendonorkan darah untuk kesehatan diri pribadi maupun menyemaltkan kesehatan orang lain sebagai bentuk rasa kasih dan rasa empati kepada manusia. Dengan demikian, pada kegiatgan bakti sosial donor darah tentu akan menjadi rutinitas taruna-taruni beserta dosen maupun staf fbagi yang lulus tahapan untuk siapm di donorkan kepada PMI tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

balanting

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Balanting adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat, artikel jurnal tersebut sebagai salah satu Tridarma kewajiban dosen dalam mengembangkan kegiatan dan sesuatu perubahan untuk masyarakat dan lingkungan sekitar, jurnal balanting bukan hanya terfokus pada kegiatan kemaritiman yang terpaut pada ke ...