Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 Maret 2020

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi

Pulungan, Arifah (Unknown)
Nasution, Febriani Hastini (Unknown)
Nasution, Nurhidayah Fithriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan dan dinamika rotasi. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design (nondesign) dengan disain penelitian one group pre-test post-test design. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang berjumlah 25 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel total. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai persentase rata-rata hasil observasi adalah berada pada kategori “Baik Sekali”. Adapun nilai rata-rata hasil belajar materi keseimbangan dan dinamika rotasi sebelum menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 61,2 berada pada kategori “Gagal” sedangkan nilai rata-rata hasil belajar materi keseimbangan dan dinamika sesudah menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 81,6 berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (13,62>1,71), sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Signifikan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan dan dinamika rotasi Tahun Ajaran 2017/2018.” Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Keseimbangan dan Dinamika Rotasi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...