Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 2 No 2 (2020): Vol 2 No 2 Juli 2020

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MATERI GERAK LURUS DI KELAS XI SMA NEGERI

hasibuan, nijar sari (Unknown)
Nasution, Sari Wahyuni Rozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi gerak lurus di Kelas XI SMA Negeri . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 99 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 49 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: “Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Gerak Lurus di kelas XI SMA Negeri . Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung ttabel (12,83 1,71, dengan Hipotesis alternatif ( diterima dan ditolak”. Sedangkan pada kelas kontrol tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Gerak Lurus di kelas XI SMA Negeri. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung ttabel (1,46 1,71) dengan Hipotesis alternatif ( ditolak dan diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka Penggunaan model pembelajaran Inkuiri efektif terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Gerak Lurus di kelas XI SMA Negeri. Kata-kata kunci: Model Inkuiri dan gerak Lurus

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...