ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran Reciprocal teaching terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 60 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) gambaran penggunaan pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,5 % berada pada kategori “Baik Sekali”; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung ttabel (9,881,91); (3) Penggunaan pembelajaran Reciprocal Teaching efektif terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata uji gain pada kelas eksperimen sebesar G = 0,71 berada pada kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu Penggunaan pembelajaran Reciprocal Teaching efektif terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan.. Kata-kata kunci: Pembelajaran reciprocal teaching, kemampuan kognitif.
Copyrights © 2019