Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 2 No 3 (2020): Vol 2 No 3 November 2020

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

suleha, rini siti (Unknown)
Sari, Lia Purnama (Unknown)
Nasution, Febriani Hastini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi Besaran dan Satuan di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 54 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) gambaran penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi Besaran dan Satuan di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 88,75 % berada pada kategori “Sangat Baik”; (2) Penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi Besaran dan Satuan di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan terbukti efektif. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pada kelas kontrol dan eksperimen, pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 61,34 berada pada predikat “(C)” atau “Kurang” sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan metode demonstrasi menggunakan nilai rata-rata sebesar 90,39 berada pada predikat (B+) atau “Sangat Baik”; (3)Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada materi Besaran dan Satuan di kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung ttabel (10,722,07). Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya. Kata-kata kunci: efektivitas, metode demonstrasi, kemampuan psikomotorik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...