Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 2 No 2 (2020): Vol 2 No 2 Juli 2020

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA

hutabarat, mey windah (Unknown)
Nasution, Febriani Hastini (Unknown)
Sari, Lia Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Fluida Statis di kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 140 orang. Adapun sampel pada penelitian ini adalah 70 orang, yang terbagi pada kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif, afektif, psikomotorik serta instrumen berupa lembar observasi keaktifan siswa dan penggunaan model PBI. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) nilai rata-rata penggunaan model PBI yaitu 83,30 berada pada kategori “Sangat Baik” ; (2) nilai rata-rata pada ranah kognitif sebesar 78,29 berada pada kategori “Baik”, nilai rata-rata afektif siswa yaitu 2,94 berada pada kategori “Cukup”, nilai rata-rata psikomotorik siswa yaitu 2,94 berada pada kategori “Cukup” ; (3) nilai rata-rata keaktifann siswa yaitu 2,9 berada pada kategori “Cukup” dan ; (4) melalui analisis Uji-t diperoleh taraf signifikansi 0,001 < 0,005. Sehingga hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Fluida Statis di Kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...