Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 4 No 3 (2022): Vol. 4 No. 3 November 2022

PENGARUH PENGUASAAN KONSEP SUHU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA TERPADU PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VII SMP NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Rozi Nasution, Sari Wahyuni (Unknown)
Asmaidah, Seri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 153 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Jadi diambil dari populasi 20% dari 153 yaitu 30 orang. Menjerat data tentang pengaruh penguasaan konsep suhu terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa pada materi kalor di kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan dengan menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data, kemudian data hasil penelitian diolah dengan analisis deskriptif yang memberikan gambaran dari variabel dan secara analisis statistik dengan menggunakan korelasi “r” Product Moment. Hasil penelitian tentang pengaruh penguasaan konsep suhu adalah 71,97 pada rata-rata kategori “Baik”, hasil penelitian tentang IPA Terpadu pada materi kalor adalah 74,07 pada rata-rata kategori “Baik”. Dari perhitungan diperoleh thitung = 4,20 jika dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat bebas (dk)= N - 2 = 30 - 2 = 28, diperoleh ttabel = 1,70 sehingga thitung > ttabel atau 4,20 > 1,70. Jadi hipotesis dapat diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penguasaan konsep suhu terhadap hasil belajar siswa IPA Terpadu pada materi kalor kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...