Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Edisi Juli 2024

EFEK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Yunita, Yuyun (Unknown)
Nasution, Febriani Hastini (Unknown)
Siagian, mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan media pembelajaran berbasis canva pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Halongonan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data berbentuk angka, pada penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental design dengan jenis desain one group pretest posttest design. Dimana pada awal kegiatan dilakukan pretest terlebih dahulu sebelum dilakukan penerapan media. Setelah dilakukan penerapan maka dilakukan posttest terhadap kelas yang sama. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh yaitu: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran berbasis canva di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Halongonan dari angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu 91,00% berada pada kategori ‘Sangat Baik” yang berarti sudah efektif; (2) Gambaran hasil belajar siswa di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Halongonan dari hasil posttest diperoleh nilai rata-rata yaitu 89,20 berada pada kategori “Sangat Baik”; (3) Kemudian Dari hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sig. (2-tailed) lebih kecil dari (0,000<0,05). Maka terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi suhu dan kalor sebelum dan sesudah media canva diterapkan. Ketentuan hipotesis diterima apabila nilai signifikansi dibawah atau sama dengan 0,05 maka hipotesis alternatif diterima. Dan hipotesis ditolak apabila nilai signifikansi lebih besar dari 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...