MAXIMAL
Vol 1 No 5 (2024): Juni

Gamifikasi Dalam Pendidikan: Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Siswa

Atikah Zahrani Purba (Unknown)
Fadhilah Hilmy Nasution (Unknown)
Khoiriah Marta Parapat (Unknown)
Miftahul Jannah (Unknown)
Nabila Ulkhaira (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menyajikan suatu kajian literatur tentang implementasi teknik gamifikasi dalam suatu pendidikan yang bertujuan untuk mencari tahu dampak, manfaat, implementasi dan tren yang terkait dengan penerapan teknik gamifikasi dalam sistem pendidikan. Kajian literatur ini mengidentifikasi beberapa keuntungan yang signifikan dari implementasi teknik gamifikasi di dunia pendidikan. Tren terkini dalam kajian literatur tentang gamifikasi di dunia pendidikan mencakup penggunaan teknologi baru, seperti kecerdasan buatan, realitas virtual, dan realitas yang diperluas. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa integrasi teknik gamifikasi dengan kurikulum tradisional dapat meningkatkan pemahaman dan retensi materi pelajaran. Dalam rangka memaksimalkan manfaat gamifikasi di dunia pendidikan, kajian literatur ini merekomendasikan pentingnya pengembangan pedagogik yang kuat, kolaborasi antara master dan desainer permainan, serta keterlibatan siswa dalam kegiatan perancangan gamifikasi. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami lebih dalam tentang dampak jangka panjang dari implementasi teknik gamifikasi di dunia pendidikan serta strategi terbaik dalam mengatasi tantangan yang terkait dengan implementasinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAKSI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

MAXIMAL JOURNAL is accepts manuscripts of research results and study results that bring up scientific and actual ideas in the fields of Social, Political, Law, Economics, Culture, Technology, and Education both in Indonesian and ...