Banyak permasalahan yang dihadapi dalam menghafal Quran maupun dalam melakukan kegiatan murajaah (mengulang). Diantaranya kesulitan dalam, cepat bosan dan rasa mengantuk. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Pelaksanaan Ujian Kompre Tahfizh bertujuan untuk meningkatkan motivasi menghafal peserta didik demi meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah berupa observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisa data yang peneliti gunakan adalah SPSS Statistik korelasi dan regresi sederhana maupun ganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan adanya pengaruh yang signifikan penerapan tasmi/Ujian Komprehensif /munaqasyah dalam peningkatan motivasi menghafal Quran. Oleh karena itu, pelaksanaan tasmi/Ujian Komprehensif /munaqasyah menjadi sarana untuk kembali memuraja’ah hafalan yang sudah dihafal. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur seberapa efektif pelaksanaan tasmi/Ujian Komprehensif /munaqasyah dalam meningkatkan motivasi menghafal Quran
Copyrights © 2024