Journal of Engineering and Transportation (JET)
Vol. 1 No. 4 (2024): Journal of Engineering and Transportation

Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Penumpang: On Time Performance, Layanan dan Capability di Bandar Udara International I Gusti Ngurah Rai Bali

NR, FADHILLA (Unknown)
Frenlyantara Putra, Gusti Putu (Unknown)
Eska Nugraha, Minulya (Unknown)
Idyaningsih, Nining (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Kepuasan Penumpang adalah suatu keadaan yang dirasakan penumpang setelah mengalami suatu kinerja dari produk/jasa dan membandingkan pelayanan yang diinginkan serta diharapkan penumpang sesuai dan dapat terpenuhi melalui produk/layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas On Time Performance, Layanan dan Capabilty berpengaruh terhadap kepuasan penumpang dan kinerja di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan perjalanan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan Teknik uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, uji determinasi dan uji hipotesis (T-test). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan variable kepuasan penumpang yang diukur dengan 3 item pernyataan dengan bantuan skala likert 5 poin memiliki nilai rata-rata sebesar 3,90, yaitu berada pada rentang kriteria 3,40 – 4,20. Hal ini berarti sebagaian besar penumpang pada Bandr Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali sudah merasa puas. Signifikansi pengaruh on time perfomance terhadap kepuasan berdasarkan signifikansi uji-t sebesar 0,000, nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Artinya on time performance, layanan dan capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan hasil pembahasan maka dapat disimpulan dari penelitian ini adalah sebagai Kepuasan penumpang pada Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali termasuk kedalam kategori puas.. On time performance, Layanan dan Capabilty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

Journal of Engineering and Transportation (JET) is one of the journals managed by Cipta Kind Publisher. JET is a scientific journal published on-line and publishes articles or scientific research results in the field of Social Science. The scientific publication code of ethics statement is a ...