Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 10 No 1 (2024): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Rancang Bangun Website Berintegrasi E-Learning untuk Sekolah Dasar di Kawasan Perbatasan Kalimantan Utara

Adiasti, Nindya (Unknown)
Fadllullah, Arif (Unknown)
Noer, Roby Zulkarnain (Unknown)
Ariessanto, Prayudi (Unknown)
AK, Muh Surtaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pengintegrasian sistem komunikasi virtual pembelajaran menjadi peluang bagi keberadaan website. Akan tetapi, penyebarluasan tersebut tidak berimbang pada daerah perbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan produk, menguji validitas produk dan mengukur respon penggunaan website berintegrasi e-learning pada sekolah dasar di perbatasan Kalimantan Utara. Riset ini menggunakan metode research and development dan Waterfall. Lokasi uji coba produk ini berada di Sekolah Dasar Negeri 032 Tarakan Kalimantan Utara dengan subjek uji coba skala kecil sebanyak 20 orang pengguna dan subjek uji coba pemakaian sebanyak 100 orang pengguna. Intsrumen penelitian yang digunakan adalan angket validasi ahli dan angket respon pengguna. Riset ini menghasilkan produk berupa website berintegrasi e-learning yang memiliki tingkat validitas sangat layak dari ahli desain dengan nilai 97,5%, persentase validasi media teknologi 97,5% kategori sangat layak digunakan, persentase validasi materi Pendidikan 100% kategori sangat layak digunakan dan persentase praktisi pendidikan 93% kategori sangat layak digunakan sekolah dasar di kawasan perbatasan. Hasil tersebut memunculkan fakta bahwa perluasan konten website berbasis artificial intelegent diperlukan sebagai bahan kajian penelitian lanjutan. . Kata Kunci: Website; Pembelajaran Daerah Perbatasan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...