JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
Vol 10 No 2 (2024): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS - ON PROGRESS

PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tanah Laut)

Noor Hayatie, Marliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Setiap organisasi memerlukan sistem informasi akuntansi yang telah direncanakan dan diawasi dengan baik, untuk mengontrol keuangan yang masuk maupun keluar. Adanya sistem informasi akuntansi tujuan sebuah organisasi akan dapat tercapai dan dapat mempertahankan keberadaannya di dalam lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah agar Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tanah Laut akan memperoleh informasi akuntansi yang relatif singkat, tepat dan akurat. Teknik analisis data yang dipakai oleh penulis adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tanah Laut, dapat menerapkan sistem informasi akuntansi yang memudahkan bagian staf bendahara. Sistem informasi akuntansi dapat menginput data penerimaan dan pengeluaran kas dengan proses yang termasuk mudah serta tersimpan dengan rapi, sehingga dalam proses pembuatan rekap ataupun laporan akan lebih mudah dan cepat. Proses penerimaan dan pengeluaran kas yang ada akan menjadi lebih jelas alurnya dan pada saat penginputan data.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jieb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS (JIEB) merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel ilmiah mengenai ilmu ekonomi dan bisnis dari berbagai akademisi maupun praktisi dari seluruh Indonesia. JIEB terdiri dari 150 halaman setiap terbitannya, dan terbit sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, yaitu pada ...