Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 2 (2021)

Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Akhwani, Akhwani (Unknown)
Nurizka, Rian (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2021

Abstract

Tidak ada model pembelajaran yang paling baik dan paling buruk. Model pembelajaran memiliki karakteristik sesuai dengan konten tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penelitian ini berujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran VCT terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Penelitian didesain dengan mengganalisis beberapa hasil penelitian quasi eksperimental terkait model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat selisih antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Rata-rata nilai siswa pada model pembelajaran VCT sebesar 75,02, sementara kelas konvensional adalah 67,06, terdapat selisih 7,96. Dengan kata lain terdapat kenaikan rata-rata 10,61 persen. Model pembelajaran VCT cenderung digunakan dalam materi Pendidikan Kewarganegaraan dan IPS. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan materi yang berbasis nilai, sementara VCT merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan nilai. VCT dapat dipadukan dengan media video untuk menyampaikan stimulus cerita. Model pembelajaran VCT dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...