Kajian ini bertujuan untuk menggali data secara mendalam tentang implementasi bidang layanan bimbingan akademik, layanan bimbingan personal, layanan bimbingan, serta layanan bimbingan karir siswa sampai layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode kualitatif dengan jenis penelitian narrative research. Guru sekaligus tenaga bimbingan dan konseling menjadi subjek dalam penelitian ini. Melalui wawancara dan observasi data dikumpulkan kemudian dianalasis meliputi reduksi, display dan verifikasi data. Dari penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 25 Hulu Sungai Utara sesuai dengan program. Program yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling yaitu jenis program, struktur program, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Penelitian ini memfasilitasi pelayanan bimbingan konseling teoritis dan praktis di Program Khusus Madrasah Ibtidaiyah dalam pelaksanaannya.
Copyrights © 2022