Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 4 (2024)

Upaya Meningkatkan Perkembangan Otot Kaki dan Tangan Anak melalui Tari Kreasi Tokecang

Sanzi Wahidah, Wilda (Unknown)
Yulianingsih, Yuyun (Unknown)
Mutfie, Zaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Hasil studi pendahuluan di Kelompok A RA Nurul Ikhwan yang menunjukkan perkembangan otot kaki dan tangan belum optimal, Hal ini terbukti masih ada anak yang belum menuntaskan perkembangan fisik motorik diusianya. Tujuan penelitian ini untuk (1) Perkembangan otot kaki dan tangan anak sebelum diterapkan tari kreasi tokecang; (2) Penerapan tari setiap siklus; dan (3) Perkembangan otot kaki dan tangan setelah diterapkan tari seluruh siklus. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas, subjek dari penelitian ini anak berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, unjuk kerja dan studi dokumentas, data yang digunakan yaitu kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil perkembangan otot kaki dan tangan sebelum diterapkan tari kreasi tokecang kriteria kurang dengan 57, pada aktivitas guru siklus I memperoleh 81% dengan kategori baik, siklus II memperoleh 92% kategori sangat baik.   Siklus I memperoleh 67% dengan kategori cukup, dan pada siklus II memperoleh 91% dengan kategori sangat baik. Perkembangan otot kaki dan tangan pada siklus pertama memperoleh 65 dengan kategori cukup, siklus kedua memperoleh 79 dengan kategori baik. Maka perkembangan otot kaki dan tangan anak dapat meningkat melalui Tari Kreasi Tokecang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes scientific articles based on field research and programs in the multidiscipline area, which can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in various research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was ...