Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital
Vol. 1 No. 2 (2024): Juni

SOSIALISASI MEDIA SOSIAL DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PERSONAL BRANDING PADA SMA NEGERI 6 TIGARAKSA

Sari Siahaan, Febri (Unknown)
Rasyiddin, Ahmad (Unknown)
Tri Nugroho, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 6 Tigaraksa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam personal branding melalui media sosial. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membangun dan mengelola citra pribadi mereka secara efektif di dunia digital. Program dilaksanakan melalui serangkaian workshop dan seminar yang mencakup topik-topik seperti konsep personal branding, strategi konten, etika digital, dan pengembangan jaringan profesional. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi presentasi materi, sesi tanya jawab, serta latihan praktis. Workshop dan seminar dirancang untuk memberikan pemahaman teoritis dan keterampilan praktis terkait personal branding. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas program dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, keterampilan pembuatan konten, dan pemahaman etika digital. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri siswa dan keterampilan mereka dalam membuat konten yang sesuai dengan etika digital. Namun, proses evaluasi juga mengungkapkan perlunya penambahan sesi praktik dan studi kasus nyata untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Sebagai tindak lanjut dari program ini, rencana pengembangan meliputi program mentoring dan pembentukan komunitas online untuk mendukung keberlanjutan dan perkembangan keterampilan personal branding siswa. Program ini tidak hanya berdampak positif pada kesiapan siswa menghadapi tantangan di era digital tetapi juga berkontribusi pada citra positif sekolah. Kata Kunci: Personal Branding, Media Sosial, Pendidikan Digital, Etika Digital, Keterampilan Konten

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmebd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital (JPMEBD) merupakan Jurnal Nasional yang bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh sivitas akademika mencakup keilmuan Ekonomi: Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan serta digitalisasi Ekonomi. ...