Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Mutmainah, Mutmainah (Unknown)
Sanusi, Fauji (Unknown)
Suryani, Emma (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Dengan menggunakan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, dengan fokus pada investment opportunity set dan growth opportunity pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2016 hingga 2021. Sampel penelitian terdiri dari 21 perusahaan yang terpilih menggunakan purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah IBM SPSS 27 dengan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa investment opportunity set berpengaruh negatif dan signifikan dan growth opportunity berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, hasil uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa variabel corporate social responsibility dapat memoderasi hubungan antara investment opportunity set terhadap nilai perusahaan namun tidak dapat memoderasi hubungan antara growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Bagi perusahaan yang menerapkan aktivitas corporate social responsibility untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan sebaiknya menggabungkan investment opportunity set dengan nilai rendah maka unsur tersebut mampu menciptakan peningkatan terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2024