Journal of Education and Teaching Learning
Vol. 2 No. 2 (2024)

PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV

Ntungo, Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 08 MARISA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 08 MARISA. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantau evaluasi dan tahap refleksi Diperoleh data hasil penggunaan metode bermain peran pada siklus I pertemuan I siswa yang tuntas berjumlah 13 orang dan yang belum tuntas berjumlah 20 orang. Pada siklus I pertemuan II yang memperoleh nilai bagus atau yang tuntas ada 27 orang dan yang belum tuntas ada 6 orang. Hal ini merupakan salah satu bukti keberhasilan hasil peneliti, dapat dilihat bahwa penggunaan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MJPJETL

Publisher

Subject

Other

Description

Journal of Education and Teaching Learning: is an open-access, double-blind peer-reviewed journal published by PT Media Jurnal dan Pendidikan. (MJPJETL) aims to promote excellence through dissemination of high-quality research findings, specialist knowledge, and discussion of professional issues ...