Jurnal PUBLIQUE
Vol 4 No 2 (2023): November

Bahasa Indonesia: Bahasa Inggris

Lubis, Achmad Hadyul Mubarok Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pola interaksi sosial anak berkebutuhan khusus (ABK) pada siswa tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Bina Bangsa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo yang dipengaruhi berbagai faktor. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pola interaksi sosial pada ABK di SLB Bina Bangsa, Desa Ngelom, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo dan apa faktor yang mempengaruhi pola interaksi sosial pada ABK selama proses pembelajaran di SLB Bina Bangsa. Metode penelitian yang digunakan  yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Pola interaksi sosial anak berkebutuhan khusus pada siswa tunagrahita dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial ABK pada siswa tunagrahita di SLB Bina Bangsa  terdiri dari beberapa aspek, yaitu kerjasama, akomodasi, dan asimilasi. Dan pola interaksi sosial tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan sosial, dukungan sosial, kebutuhan dasar, kemampuan kognitif, dan tingkat kemandirian. Pola interaksi sosial ABK selama proses pembelajaran juga mempengaruhi kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan memenuhi kebutuhan sosial mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

publique

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal PUBLIQUE merupakan jurnal yang dikelola secara profesional oleh Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai media yang mempublikasikan berbagai hasil penelitian dari akademisi. PUBLIQUE mempublikasikan berbagai hasil penelitian dalam ruang ...