Indonesian Journal of Community Empowerment
Vol. 1 No. 5 (2024): MAJU : Indonesian Journal of Community Empowerment, September 2024

PENGUATAN DAN PENDAMPINGAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING UNTUK PENGABDIAN MASYARAKAT DILINGKUNGAN PESANTREN DI KABUPATEN TASIKMALAYA

Kaaffah, Faiz Muqorrir (Unknown)
Manaf, Khaerul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Beberapa pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan informal yang fokus pada pengembangan religiusitas sumber daya manusia tampaknya perlu mendapat perhatian terkait dengan pengembangan industri bisnis. Masih banyak pondok pesantren di Jawa Barat yang belum memiliki pengalaman mengikuti OPOP. Oleh karena itu, program berbasis Madrasah dan Pesantren ini sangat dibutuhkan. Pendampingan ini bertujuan untuk mengoptimalkan produk dan potensi ekonomi pondok pesantren di Kabupaten Tasikmalaya. Program ini menerapkan metode studi kasus kualitatif dan pendekatan inkuiri apresiatif. Hasil yang diperoleh adalah seluruh santri, alumni, dan pondok pesantren dapat bersinergi lebih optimal untuk membangun pengelolaan keuangan, pemasaran, dan pengemasan produk yang lebih baik serta meningkatkan pemahaman tentang manfaat, strategi, dan keikutsertaan dalam OPOP. Singkatnya, mereka memahami cara yang tepat untuk meningkatkan potensi ekonomi mereka secara menyeluruh guna mewujudkan pondok pesantren yang lebih berdaya dan masyarakat yang sejahtera.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maju

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Environmental Science Public Health

Description

MAJU : Indonesian Journal of Community Empowerment as a national journal focuses on community engagement programs to advance theory and practice related to all forms of community outreach and engagement in Indonesia. This journal is published six issue a year, with online version of E-ISSN : ...