SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Proses pembelajaran blended learning pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar

Sholikhatul Wakhidiyah (Unknown)
Apri Kartikasari HS (Unknown)
Dewi Tryanasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran blended learning pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar, di fokuskan pada aspek proses pembelajaran blended learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning merupakan model pembelajaran terbaik yang bisa dilakukan disaat masa pandemi, karena bisa menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Untuk jadwal pembelajaran, blended learning ini bersifat mengurangi pembelajaran offline, maka dalam seminggu sekolah menghendaki hanya dua kali saja melakukan kegiatan pembelajaran offline, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran blended learning merupakan solusi inovasi pembelajaran yang efektif dilakukan pada masa pandemi Covid-19, terbukti dengan meningkatnya hasil evaluasi belajara siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran blended learning. Proses penerapan pembelajaran blended learning yang dilaksanakan sekolah tersebut sudah mengikuti tahapan pembelajaran blended learning sesuai dengan sintaks pada pembelajaran blended learning, yaitu seeking of information, acquistion of information, dan shyntesizing of knowledge. Serta guru menyusun langkah kegiatan pembelajaran dengan sistematis dan teratur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...