SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Jenis Sampah di SDN 02 Madiun Lor

Fajar Agung Nugroho (Universitas PGRI Madiun)
Fida Chasanatun (Universitas PGRI Madiun)
Yesi Novita Adisatriyani (SDN 02 Madiun Lor)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi jenis-jenis sampah dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas II SDN 02 Madiun Lor. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu: perencanaan (planning); aksi atau tindakan (acting); observasi (observating); dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II semester 2 SDN 02 Madiun Lor yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase nilai ketuntasan belajar Bahasa Indonesia materi jenis-jenis sampah pada siklus I sebesar 33,33% atau 4 dari 12 siswa dan meningkat pada siklus II sebesar 91,67%. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,34%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi jenis-jenis sampah dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas II SDN 02 Madiun Lor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...