Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dan akibat kurangnya interaksi sosial terhadap kehidupan peserta didik. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik yang mengalami kesulitan saat berinteraksi di dalam kelas. Penentuaan subjek ditentukan dengan berbagai pertimbangan dan hasil observasi selama pembelajaran dialam kelas. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan jika faktor yang mempengaruhi interaksi sosial peserta didik adalah kepercayaan diri, latar belakang orang tua, kemampuan kecerdasan, gender, dan teman sebaya. Akibat kurangnya interaksi dengan teman dapat mempengaruhi kemampuan sosial dan emosionalnya bukti adanya kurang interaksi sosial adalah banyaknya kasusnya kasus bullying yang dialami oleh peserta didik baik secara fisik maupun verbal, menjadi pribadi yang tetutup, dan dikucilkan dalam lingkungan kelas. Beberapa pihak yang dapat membantu dalam membangun kemampuan interaksi sosial adalah guru, orang tua, dan teman.
Copyrights © 2023