Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS mlelalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan pendekatan pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini ternasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan di SDN Tempursari 02 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV sejumlah 13 peserta didik. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran PBL yang terintegrasi pendekatan TaRL secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tempursari 02. Hal ini terlihat dari perbandingan sesudah dan sebelum diterapkannya model pembelajaran PBL terintegrasi TaRL adanya peningkatan mulai dari fase prasiklus yang tingkat ketuntasannya mencapai 23%, pada siklus I menjadi 54% dan pada siklus II mencapai 85%. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada fase prasiklus sebesar 59,2 dan pada siklus I 71,5 lalu pada siklus akhir atau siklus II mencapai 83,8.
Copyrights © 2024