SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Teaching at The Right Level Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS

Marselia Wahyu Ria Indrianti (Universitas PGRI Madiun)
Rosita Ambarwati (Universitas PGRI Madiun)
Nunik Widiastutiningsih (SDN Tempursari 02)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS mlelalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan pendekatan pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian ini ternasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan di SDN Tempursari 02 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV sejumlah 13 peserta didik. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran PBL yang terintegrasi pendekatan TaRL secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Tempursari 02. Hal ini terlihat dari perbandingan sesudah dan sebelum diterapkannya model pembelajaran PBL terintegrasi TaRL adanya peningkatan mulai dari fase prasiklus yang tingkat ketuntasannya mencapai 23%, pada siklus I menjadi 54% dan pada siklus II mencapai 85%. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada fase prasiklus sebesar 59,2 dan pada siklus I 71,5 lalu pada siklus akhir atau siklus II mencapai 83,8.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...